Rabu, 06 Februari 2013

TINGKAT PENGETAHUAN IBU BALITA TENTANG PERAN ORANG TUA PADA PEMERIKSAAN KPSP (KUESIONER PRA SKRINING PERKEMBANGAN) DI PAUD TUNAS BANGSA DESA KEDUNGBETIK KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG (3, daftar pustaka)


BAB III
METODE PENELITIAN

3.1        Desain Penelitian
Desain penelitian adalah sesuatu yang sangat penting dalam penelitian, yang memungkinkan pemksimalan kontrol beberapa faktor yang bisa mempengaruhi akurasi suatu hasil (Nursalam, 2005 : 19).
Desain penelitian digunakan sebagai petunjuk penulis dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian untuk mencapai suatu tujuan atau menjawab suatu pertanyaan penelitian. Serta merupakan hasil akhir suatu tahap keputusan yang dibuat oleh peneliti berhubungan dengan bagaimana suatu penelitian itu bisa ditetapkan.
Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu balita tentang peran orang tua pada pemeriksaan KPSP.

3.2        Populasi, Sample dan Sampling
3.2.1        Populasi
Populasi adalah keseluruhan dari subyek penelitian yang diteliti (Arikunto, 2006 : 30) populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai balita usia 3-5 tahun diPAUD Tunas Bangsa Desa Kedungbetik Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang dengan jumlah sebanyak 103 orang.
3.2.2        Sample
Sample merupakan bagian populasi yang akan diteliti atau sebagian jumlah dari karikteristik yang dimilki oleh populasi (Hidayat, 2007 : 32).
Sample adalah bagian dari populasi. Dalam penentuan besar sample menggunakan rumus (Arikunto, 2000 : 125) yaitu 25% - 30% dari populasi.
n = 30%. N
keterangan :
   N                        : besar populasi
   n             : besarnya sample
   n = 30%. N
       = 30%. 103
       = 30, 9
   n = 31
   Jadi besar sample adalah 31 orang.
3.2.3        Sampling
Sampling adalah suatu proses menyeleksi porsi dari populasi untuk dapat mewaliki populasi (Nursalam, 2003). Non probality sampling adalah teknik pengambilan sample dengan tidak memberi peluang yang sama dari setiap anggota populasi. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Purposif Sampling yaitu didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti sendiri berdasarkan ciri atau sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya (Notoatmodjo, 2002 : 96).

3.3        Kriteria Sample
      Penentuan kriteria sample sangat membantu peneliti untuk mengurangi bias hasil penelitian. Khususnya terhadap variable (kontrol) yang ternyata mempunyai pengaruh terhadap mempunyai pengaruh variabel yang kita teliti (Nursalam, 2003 : 96)
      Adapun kriteria sample yang diambil dalam penelitian ini harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
1.      Ibu yang bersedia menjadi responden
2.      Ibu yang mengantar balitanya di PAUD
3.      Ibu yang bisa membaca dan menulis
4.      Ibu yang mempunyai balita

3.4        Identifikasi Variabel
Variabel adalah sesuatu yang digunakan sebagai ciri, sifat atau ukuran yang dimiliki atau didapatkan aleh suatu penelitian tentang suatu konsep pengertian tertentu, misalnya umur, jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, pekerjaan, pengetahuan, penyakit dan sebagainya (Notoatmodjo, 2003 : 70).
Variabel dalam penelitian ini ialah Tingkat Pengetahuan Ibu Balita Tentang Peran Orang Tua Pada Pemeriksaan KPSP.
                                                                            
3.5        Definisi Operasional
Definisi operasional adalah definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari sesuatu yang didefinisikan (Nurasalam, 2003).

Tabel 3.1     Definisi Operasional Tingkat Pengetahuan Ibu Balita Tentang Peran Orang Tua Pada Pemeriksaan KPSP Di PAUD Tunas Bangsa Desa Kedungbetik Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.

Variabel
Definisi opersional
Alat ukur
Skala
Skor
Tingkat pengetahuan ibu balita tentang peran orang tua pada pemeriksaan KPSP
Segala informasi yang dimiliki responden tentang KPSP berdasarkan jawaban responden pada kuesioner
Kuesioner



Betul = 1 Salah = 0


Ordinal
Baik 76% - 100%
Cukup 56% - 75%
Kurang < 56%





3.6        Lokasi dan Waktu Penelitian
3.6.1        Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian adalah tempat dimana penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan di PAUD tunas bangsa Desa Kedungbetik Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.
3.6.2        Waktu
Waktu perencanaan dimulai dari proposal bulan Maret sampai Juni 2010.

3.7        Teknik Pengumpulan Data dan Analisa Data
3.7.1    Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data adalah proses pendekatan kepada subyek dan proses pengumpulan karakteristik subyek yang diperlukan dalam suatu penelitian (Nursalam, 2008). Pengumpulan data dalam penelitian ini dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
1. Data Primer
Data primer adalah data yang telah dikumpulkan sendiri oleh peneliti. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dengan cara menyebarkan lembar kuesioner yang dibagikan kepada ibu yang datang ke PAUD Tunas Bangsa Desa Kedungbetik Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.
2.  Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang diperoleh dari pihak lain, tidak langsung diperoleh oleh peneliti dari subyektif penelitiannya yang digunakan sebagai studi pendahuluan
3.7.2    Analisa Data                       
Analis deskriptif adalah suatu prosedur penolahan data dengan menggambarkan dan meingkas data dengan cara ilmiah dalam bentuk tabel atau grafik (Nursalam, 2008 : 120).
Analisa dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan tabulasi frekuensi yaitu menjumlah dan membandingkan dengan jumlah yang diharapkan kemudian dikalikan 100% dan hasilnya diprosentase.
         Rumus :
           


         Keterangan :
         P = Prosentase
         F = Jumlah jawaban responden yang benar
         N = Jumlah seluruh pertanyaan
         (Budiarto, 2002 : 37)                                                           
Setelah sampai dari hasil prosentase kemudian hasil tersebut diInterprestasikan secara deskriptif dengan menggunkan kriteria kualitatif.
a.       Bila hasilnya 76% - 100% = baik
b.      Bila hasilnya 56% - 75% = cukup
c.       Bila hasilnya < 56% = kurang
            (Nursalam, 2003 : 124).

3.8        Teknik Pengolahan Data
3.8.1              Editing
Editing adalah pekerjaan memeriksa kembali semua data yang telah terkumpul melalui pembagian kuesioner dengan tujuan mengecek kembali pakah hasilnya sudah sesuai dengan rencana atau tujuan yang hendak dicapai (Budiarto, 2002 : 29).
3.8.2        Coding
Coding adalah kegiatan merubah data kedalam bentuk yang lebih ringkas dengan menggunakan kode (Budiarto, 2002 : 29).
3.8.3        Skoring
Skoring adalah pemberian skor pada kuesioner jika jawaban benar = 1, jika salah = 0 (Arikunto, 2006 : 30).        
3.8.4        Tabulating
Tabulasi merupakan kegiatan menyusun data dalam bentuk tabel, sedangkan untuk mengetahui tingkat pengetahuan maka dihitung dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dalam bentuk prosentase (Nursalam, 2001 : 94).


3.9        Alat Ukur Yang Digunakan
Penelitian ini menggunakan alat ukur kuesioner dengan tujuan agar peneliti memperoleh data yang sesuai dengan tujuan penelitian.
Dalam penelitian ini kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup, yaitu pertanyaan sudah lengkap dengan jawabannya sehingga responden tinggal memilih salah satu jawaban yang benar.

3.10    Etika Penelitian
Dalam melakukan penelitian, peniliti mengajukan ijin kepada pihak yang terkait setelah itu baru disebarkan ke responden yang akan diteliti dengan menekankan masalah etika yang meliputi :
3.10.1    Lembar Persetujuan (Inform Consent)
Lembar persetujuan responden akan akan diberikan sebelum penelitian dilaksanakan kepada keluarga yang akan diteliti dengan tujuan agar responden mengetahui maksud dan tujuan penelitian serta dampak uang terjadi selama pengumpulan data. Jika subyek bersedia diteliti maka mereka harus menandatangani lembar persetujuan, jika subyek menolak diteliti maka peneliti menghargai hak-hak subyek.
3.10.2    Tanpa Nama (Anonimity)
Nama subyek tidak perlu dicantumkan pada lembar pengumpulan data cukup menulis nomor kode saja untuk menjaga kerahasiaan identitas responden.
3.10.3    Kerahasiaan (Confidentiality)
         Kerahasian informasi yang diberikan oleh subyek dijamin oleh peneliti.

3.11    Keterbatasan
Keterbatasan merupakan kelemahan dan hambatan antara lain:
3.11.1    Literature
Literature atau bahan yang digunakan dalam penelitian kurang memadai, sehingga dalam penyempurnaan peneliti memerlukan waktu.
3.11.2    Instrument
Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuesioner sehingga memungkinkan responden menjawab pertanyaan dengan lebih dipengaruhi oleh sikap dan harapan-harapan pribadi yang bersifat subyektif sehingga hasilnya kurang mewakili secara kualitatif.
3.11.3    Peneliti
Karena penelitian ini adalah yang pertama kali dilakukan dan peneliti belum memilki pengalaman sehingga banyak sumber-sumber yang belum dimunculkan secara maksimal oleh peneliti dan banyak mengalami hambatan.            
 DAFTAR PUSTAKA


Arikunto S, 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Azwar  Syaifuddin, MA, 2007. Metode penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Azwar  Syaifuddin, MA, 2008. Sikap Manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Budiarto, 2002. Biostatistika Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC
Depkes RI, 2007. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta : Balai Penerbit FKUI
Dinkes Jombang, 2010. Seksi Kesga. Jombang : Dinkes
Effendy Nazrul, 1998. Dasar-Dasar Keperawatan  Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC
Hendra, 2003. Makanan Sehat Untuk Balita. Jakarta : Puspa Swara
Hidayat A, 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penuliasan Ilmiah. Jakarta : Salemba Medika
Kamus Bahasa Indonesia, 1996. Surabaya : Bintang Usaha Jaya
Notoatmodjo S, 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat : jakarta : Rineka Cipta 
Notoatmodjo S, 2003. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Notoatmodjo, 2003. Perilaku dan Pendidikan Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Nursalam dan Priani S, 2003. Pendekatan Praktis Metodelogi Kedokteran Riset Keperawatan. Jakarta : CV. Idomedia
Nursalam, 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Nursalam, dkk , 2005. Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak. Jakarta : Salemba Medika
Poerwodarminto, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : ALFABETA
Prasetyo S, D. 2008. Metode Membuat Anak Cerdas Sejak Dini. Yogyakarta : Garailmu
Puriazka, 2006. Konsep Pengatahuan. (http//www.putriazka.wordpress.com diakses 13 April 2010)
Sampurno K, 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Cipta Karya
USU Repository, 2009. Pelaksanaan Program Deteksi Dini Tumbuh Kembang.(http//www.Google.com diakses 13 April 2010)


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Friends

Blog List