Sabtu, 16 Februari 2013

GIMANA SIH MENGATASI DYSMINORRHEA (NYERI HAID) ?

Add caption
Nih Gals, Celly punya tips-tips buat kamu-kamu yang suka dysminorrhea (nyeri haid), tips-tips aku ini berdasarkan teori dan riset kecil dari temen-temen celly yang disminor lhooo, jadi fakta dan teori ada disini, simak yea ^_^


Dysminorrhea adalah : 

Add caption
Dismenore adalah suatu kondisi dimana seorang wanita akan mengalami rasa nyeri pada saat menjelang haid atau selama haid, yang ditandai dengan gejala kram pada abdomen bagian bawah.  Gejala ini disebabkan karena tingginya produksi hormon Prostaglandin. Zat prostaglandin menyebabkan dismenore, karena zat ini merangsang kontraksi untuk melepaskan lapisan rahim. Zat prostaglandin juga dapat membuat darah haid yang dikeluarkan banyak. Sehingga dapat menimbulkan penurunan darah dalam tubuh.
Penyebab Timbulnya Dismenore
  1. Kelainan dan bentuk letak uterus.
  2. Ketidakseimbangan steroid ovarium.
  3. Sering mengalami stress.
  4. Kurangnya berolah raga.
  5. Selaput darah yang tidak berlubang.
Gejala Yang Dapat Terlihat Bila Seorang Wanita Mengalami Dismenore
  1. Merasakan nyeri pada perut saat menjelang masa haid atau selama masa haid.
  2. Sakit kepala dalam tahap yang ringan.
  3. Mengalami mual.
  4. Badan terasa lemah dan tidak bertenaga.
  5. Mengalami demam.
(http://obatalternatifpenyakit.com/tag/definisi-dismenore/)

Nah nih beberapa cara yang di lakuin cewek untuk mengurangi rasa nyeri.
Add caption
1. Dibiarin saja
2. Tidur
3. Memakai minyak kayu putih
4. Minum air putih 
5. Minum Teh hangat
6. Minum Obat (asam mefenamat) 
7. Minum jamu instan

Penjabaran celly disini nih,

Ada sebagian cewek yang nyerinya sebentar jadi kontraksi pada dinding rahim dan peluruhannya hanya sebentar saja, mereka lebih memilih di biarkan.

Nah yang ambang nyerinya itu agak tinggi, maka mereka akan memilih tidur, kenapa tidur? saat dinding rahim berkontraksi tak jarang perut kita akan kram, dan ini akan mengganggu aktifitas kita, tahu sendiri kan, saat perut kita kram kita tidak bisa berjalan bahkan bangun pun susah, ketika tidur tubuh kita di istirahatkan, juga impuls-impuls menuju otak kita, sehingga seluruh tubuh kita mengalami relaksasi, dan kita akan merasa segar ketika kita bangun.

Uhm, memakai minyak kayu putih,...
bahaya atau tidak? jawabannya tidak, karena fungsi dari minyak kayu putih itu sendiri adalah menghangatkan tubuh, percaya tidak, kalau perut itu bisa relaksasi ketika kita memberikan sesuatu yang hangat? kalau tidak percaya, boleh di coba, dan hal inilah yang akan mengurangi sedikit demi sedikit rasa nyeri dikarenakan rahim yang tegang berrelaksasi.

Add caption
Minum air putih, ngaruh enggak ya??? yah jelas ngaruh, saat kita sakit, nyeri, dan kram, tubuh kita berreaksi, berkeringat banyak, dan rasanya perut sakit semua, yah kalo kekurangan cairan bagaimana? tuh kan pasti minum air putih, karena wanita yang haid itu semua cairan di tubuhnya ga seimbang. Jadi kita harus minum banyak air putih.

Minum Teh hangat, prinsipnya sih sama yah kayak minyak kayu putih, tapi inget harus manis, kan buat tenaga ^_^ 

Minum obat (asam mefenamat) boleh sih, memang ini obatnya, tapi khusus yang ambang nyerinya ampe mau pingsan, soalnya banyak obat juga kan gak baik buat tubuh kamu. Prinsipnya sama dengan meminum jamu jamuan. 

Add caption
Kalo Ice cream dan Coklat bagaimana? 

Coklat dengan kaitannya dapat memperbaiki mood bahwa coklat mengandung bioaktif seperti tyramine dan phenyletylamine dan berdasarkan suatu penelitian mengahasilkan hipotesis bahwa karbohidrat dapat meningkatkan mood seseorang dengan meningkatnya kadar serotinin.

Serotonin dan Endorphin adalah dua konduktor saraf yang paling dikenal. Serotonin dapat membuat orang tenang dan rileks. Kadar serotonin yang rendah di dalam otak membuat orang ingin makan makanan bertepung dan makanan yang manis seperti coklat. Ini karena makanan yang mengandung kadar karbohidrat yang tinggi dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak.

Ice cream juga sama kok, ada theobromine dan phenyletylamine yang meningkatkan kadar serotonin pada otak, jadi kamu akan semaki rileks deh.



Ini nih, cara asyik buat mengatasi nyeri haid. Nyeri hilang mulut senang ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Friends

Blog List