Selasa, 18 Oktober 2011

STRAWBERRY KECIL,MERAH,BERKHASIAT.

Buah yang berwarna merah ini memang sudah tidak asing lagi. Strawberry namanya, seringkali ditemukan dalam cake ataupun minuman segar. Rasanya asam-asam segar, tapi kalau mendapatkan strawberry dengan kualitas yang baik rasanya manis dan segar meskipun teteap tertinggal jejak asam yang lamat-lamat.

Tumbuhan yang bernama latin Fragaria chiloensis L. bisa dijumpai di hampir setiap negara. Strawberry tak hanya bisa dimakan langsung, tapi juga bisa dijadikan penghias cake ataupun bahan dasar membuat minuman. Warna merahnya sangat cantik menggoda karena kandungan pigmen antosianin dan juga antioksidan yang tinggi.

Kalau mendengar kata 'antioksidan', pikiran kita pasti langsung terbayang akan banyaknya manfaat di balik sebutir buah strawberry ini. Selain antioksidan, strawberry juga mengandung vitamin C yang tak kalah dengan jeruk. asam folat, serat, potasium, serta asam ellagic.

Selain kandungan nutrisi yang tinggi, strawberry juga kaya manfaat loh. Diantaranya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi gejala stroke, mengandung zat anti alergi dan radang, melawan encok dan juga radang sendi. Delapan buah strawberry sehari mampu memenuhi kebutuhan serat harian Anda plus vitamin C yang dibutuhkan orang dewasa tiap hari.

Mengkonsumsi buah strawberry secara teratur setiap hari, mampu menghaluskan kulit dan juga mencegah proses penuaan akibat radikal bebas. Kandungan asam ellagic apada strawberry bisa memperlambat aktivitas sel kanker. Selain buahnya, daun buah strawberry ternyata juga tak kalah berkhasiat lho!

Daun strawberry mengandung zat astringent. Zat astringent ini efektif meredakan serangan diare. Dengan meminum tiga hingga empat cangkir air rebusan daun strawberry tiap hari hingga diare reda.

Buah strawberry paling baik dimakan dalam keadaan segar. Apabila sudah diolah biasanya kandungan nutrisinya sudah berkurang. Untuk menyimpan buah ini sebaiknya berhati-hati, karena strawberry bukan buah yang tahan disimpan dalam jangka waktu lama meskipun di dalam lemari es.

Strawberry yang terlihat sedikit busuk, sebaiknya pisahkan dengan strawberry yang masih dalam kondisi baik. Karena hal ini bisa menularkan ke buah strawberry yang kondisi nya masih baik. Strawberry dapat disimpan dalam lemari es tidak lebih dari 4 hari, kalau lebih dari itu biasanya kualitasnya sudah jauh berkurang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Friends

Blog List